KOLOSE 2:18



Renungan Kamis, 30 Juli 2020

KOLOSE 2 :  18

“Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Paulus sering menggambarkan kehidupan kerohanian seorang Kristen seperti olahragawan yang berlatih dan bertanding di dalam mempertahankan kemenangan. Kemenangan sudah diperoleh orang-orang yang percaya melalui anugerah keselamatan yang diberikan oleh Tuhan Yesus di dalam kematian dan kebangkitanNya. Tetapi mahkota kemenangan itu bisa saja direnggut dari diri kita ketika kewaspadaan dan kemauan untuk berjaga-jaga sudah hilang di dalam diri orang Kristen.

Ingatlah selalu bahwa iblis tidak pernah berhenti untuk membawa manusia menjadi pengikutnya. Iblis tidaklah dibawah akal manusia, dia dapat bertindak jauh melebihi akal dan pengetahuan manusia. Lebih dari itu, iblis dapat masuk melalui pengajaran-pengajaran dari orang-orang yang memakai pakaian suci dan terlihat kudus di hadapan manusia yang lain. Iblis selalu mencari titik lemah daripada manusia.

Renungan hari ini mengingatkan kita tentang perilaku yang menunjukkan keimanan yang sebenarnya atas orang Kristen. Bisa saja di dalam sebuah pengajaran diajarkan untuk: “berpantang” dalam hal makanan, patuh kepada pengajar “yang katanya” diberikan pewahyuan dan mengatakan dirinya kudus karena sudah melakukan semua ritual yang diajarkan kepadanya. Hati-hati dengan hal itu! Itu dapat menyesatkan!

Perilaku orang yang beriman semua hanya didasari oleh Kristus. Iman akan bertumbuh hanya di dalam Kristus. Iman akan berbuah ketika teladan Kristus menjadi karakter kehidupannya. Bukanlah tubuh yang menjadi hal utama, tetapi pemusatan iman yang benar kepada Kristus, itulah yang mengajari dan menjauhkan kita daripada pengajar-pengajar sesat. Mari kita memohon pertolongan dari Roh Kudus agar kita menjadi menjalani hidup di dalam iman yang benar melalui teladan dan pengajaran dari Tuhan kita Yesus Kristus, sehingga mahkota kemenangan tetap kekal bersama dengan kita. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21