YEREMIA 26:13

Renungan Senin, 22 Juni 2020

YEREMIA 26 : 13

“Oleh sebab itu, perbaikilah tingkah langkahmu dan perbuatanmu, dan dengarkanlah suara TUHAN, Allahmu, sehingga TUHAN menyesal akan malapetaka yang diancamkan-Nya atas kamu.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Sudah banyak pelayan dan jemaat yang jauh dari kemurnian Firman Tuhan. Di dalam peribadahan yang hanya untuk ajang aktualisasi diri, eksploitasi alam yang menghancurkan ekosistem, kemajuan teknologi yang justru memakai media sosial untuk mengujar kebencian, menjatuhkan sesama, menyindir/nyinyir dan juga memberitakan hal yang tidak benar (HOAX).

Suara pertobatan dikumandangkan dalam Firman Tuhan hari ini. Suara ini mulanya diserukan kepada bangsa Yehuda pada pemerintahan Raja Yoyakim. Tuhan berfirman akan membuat tempat peribadahan mereka dan kota mereka menjadi terkutuk sama seperti Silo. Sebagai catatan: Silo adalah pusat peribadahan bangsa Israel pada zaman Hakim-Hakim. Silo hancur karena kekudusannya sudah dikotori oleh karena penyalahgunaan tabut Tuhan dan dosa yang dilakukan oleh anak-anak Eli (Imam pada saat itu).

Firman hari ini mengajak kita untuk bertobat, memperbaiki tingkah laku dan perbuatan, serta mendengar suara Tuhan di dalam hati kita.  Bencana alam, penyakit dan berbagai situasi telah dipakai Tuhan Yesus untuk menegur kita atas perbuatan kita, dan terkhusus pada hubungan kita pribadi kepada Tuhan baik sebagai pelayan ataupun jemaat.

 Hanya kasih karunia dari Yesus Kristus yang mampu menghindarkan kita dari segala penghukuman Tuhan. Kita dapat merasakan kasih karunia itu ketika kita semakin mendekatkan diri kepada Tuhan, menjauhkan diri dari dosa, menjauhkan rasa iri hati dan kebencian, merendahkan hati kita di hadapan Tuhan, mengasihi sesama dan juga memelihara lingkungan sekitar. Biarlah Tuhan Yesus menjauhkan kita dari segala penghukuman. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21