ROMA 14:17-18

Renungan Jumat, 19 Juni 2020

ROMA 14 : 17 - 18

“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Pengharapan orang-orang Kristen adalah Kehidupan yang kekal bersama dengan Tuhan Yesus di dalam KerajaanNya. Sebelum mencapai hal tersebut, kehidupan orang Kristen memiliki aturan yang ditetapkan oleh Sang Raja itu sendiri, yaitu Yesus Kristus. Aturan yang harus dipahami dan dihidupi oleh orang Kristen adalah hidup sebagaimana rupa dan perilaku yang diteladani oleh Kristus.

Renungan hari ini mengajarkan kita agar semakin memahami pengharapan kita tersebut. Sering kita dengar sebagai orang Kristen haruslah hidup kudus di dalam setiap perbuatan dan perkataan. Apakah hal ini terkait dengan “kedagingan” (nats ini menyangkut tentang makanan dan minuman)? Tentu saja tidak! Dan hal ini bukanlah menjadi “aturan yang menetapkan kekudusan sebagai warga Kerajaan Sorga” selain daripada Tuhan Yesus sendiri yang menguduskan kita.

Kehidupan orang-orang yang percaya haruslah menghadirkan hal-hal sorgawi di dalam dunia ini. Bukan masalah makanan atau aturan yang ditetapkan dan menjadi orientasi utama dalam berperilaku, tetapi lebih kepada ketaatan akan suara Roh Kudus yang tinggal di dalam hati kita. Tanpa aturan yang ditetapkan manusia atau gereja sekalipun, seseorang yang sudah dihinggapi kuasa Roh Kudus akan melakukan kebenaran di dalam hidupnya. Tanpa harus “mengharamkan” sesuatu, seorang Kristen akan merasakan damai sejahtera dan sukacita atas penyertaan Roh Kudus di dalam dirinya. 

Pada intinya kehidupan orang-orang yang percaya adalah menghidupi teladan Kristus dan melayani Kristus di dalam setiap hal yang dilakukannya. Bukan untuk menyenangkan hati manusia, tetapi agar Bapa di Sorga berkenan atas kehidupan kita. Jangan pernah mencari “penghormatan” dari manusia atas apa yang kita lakukan! Tetapi layanilah Kristus, sehingga Bapa berkenan pada kita dan orang dapat melihat Kristus hadir dalam diri kita, sehingga semakin banyak orang yang mau melayani Yesus di dalam hidupnya. Dengarlah dan lakukanlah suara Roh Kudus di dalam dirimu. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21