YEREMIA 29:7



TERANG FIRMAN

Senin, 19 Oktober 2020

YEREMIA 29 : 7

“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

“Tidak ada kata putus asa bagi orang-orang yang percaya kepada Kristus.” Sebuah pernyataan yang menjadi sebuah motivasi bagi kita para pengikut Tuhan Yesus. Berangkat dari setiap seluk beluk kehidupan, tentu banyak “kerikil-kerikil” yang harus dilalui, bahkan tidak mungkin kita diperhadapkan dengan “tembok-tembok besar” yang menghalangi kita untuk maju ke depan. Inilah kenyataan hidup!

 

Tetapi kekhususan dan keistimewaan yang seharusnya dimiliki atau menjadi karakter seorang Kristen adalah memiliki pengharapan kepada Tuhan Yesus. Apapun beban dan kesulitan yang datang menghampiri kita, dengan pengharapan kepada Tuhan Yesus, kita mengimani bahwa sesungguhnya ketika Tuhan merancangkan sebuah rancangan kehidupan bagi kita. Semua itu adalah rancangan keselamatan, bukan rancangan kecelakaan.

 

Pengharapan itulah yang menjadi renungan untuk kita pada hari ini. Sama seperti umat TUHAN yang ikut terbuang di dalam pembuangan Babel saat itu. TUHAN berfirman melalui surat yang dituliskan oleh nabi Yeremia kepada mereka demikian, “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

 

Peristiwa pembuangan itu justru dijadikan TUHAN sebagai sebuah cara untuk “memurnikan” ketaatan dan iman dari para umatNya. Dan tidak hanya itu, TUHAN membuat bangsa itu menjadi berkat bagi bangsa dan kota di mana mereka terbuang. Umat TUHAN yang terbuang itu justru diarahkan untuk membangun kesejahteraan dan juga turut mendoakan bangsa Babel. Dan itulah cara TUHAN untuk turut mensejahterakan bangsa lain.

 

Hal ini patut kita pahami juga di dalam kehidupan kita. Melalui setiap perjalanan hidup, setiap langkah dan setiap detik hidup kita, mari kita imani sebagai cara Tuhan Yesus untuk memperbaharui hidup kita. Dan tidak hanya itu, melalui kesetiaan kita di dalam setiap situasi kehidupan, kita akan dijadikan TUHAN sebagai saluran berkat bagi sesama.

 

Oleh sebab itu, tetaplah meminta pertolongan dan penyertaan Tuhan Yesus dalam kehidupan ini. Dan jangan lupa, marilah kita turut serta membawa di dalam doa orang-orang di sekitar dan lingkungan kita, agar mereka juga turut mendapatkan berkat dari Tuhan Yesus Kristus. Jadilah berkat bagi sesama karena untuk itulah kita diberkati oleh Tuhan Yesus. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21