YOHANES 10:11

Renungan Rabu, 06 Mei 2020

YOHANES 10 : 11

“Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

     Firman Tuhan yang menyejukkan kita pada hari ini menceritakan tentang Yesus Tuhan kita yang mengumpamakan dirNya sebagai seorang Gembala, tidak hanya Gembala, tetapi Gembala yang baik. Dia membuat sesuatu hal yang Istimewa melalui profesi gembala yang sebelumnya dipandang rendah, tidak boleh memiliki hak suara di hadapan umum dan hidup dengan karakter yang keras. Yesus mengangkat posisi ini dan mengkontraskan dengan pandangan orang secara umum, Dia memutarbalikkan semua, sehingga sampai pada hari ini profesi Gembala dianggap sangat istimewa.

     Inilah yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita. Dia datang ke dunia ini sebagai seorang gembala yang tidak hanya memenuhi kebutuhan jasmani (gambaran gembala di Palestina yang mencari padang rumput untuk tepat domba mencari makan dan mencari sumber air untuk diminum oleh domba dengan jarak yang jauh dari pemukiman penduduk), tetapi juga kebutuhan rohani (kasih dan kelemahlembutan Yesus memberikan ketentraman, sehingga domba yang dituntunNya mendapatkan kenyamanan dan ketenangan).

     Hal yang paling istimewa dari segala lebih daripada itu, “Dia rela memberikan NyawaNya bagi domba-dombaNya.” Ini tidak ditemukan pada sosok Gembala secara umum. Domba yanh dipelihara oleh gembala (umumnya) dibesarkan dan dirawat untuk kebutuhan pangan dan juga dipersiapkan sebagai “korban persembahan di bait Allah.” Yesus justru “mengganti fungsi dan tujuan” dari domba tersebut, justru Dia yang memberikan diriNya untuk keselamatan dombaNya dan bahkan menjadi Persembahan Yang Kudus, yang tidak bercacat dan berkenan di hadapan Bapa.

     Ya, Yesus sudah memberikan diriNya menjadi Korban Pendamaian sehingga manusia sudah didamaikan dengan Bapa. Ini sebuah sukacita kepada kita orang-orang yang mengikut Dia. Yesus yang adalah Gembala kita pasti mencukupkan segala yang kita butuhkan. Lebih daripada itu, Dia telah memberikan keselamatan kepada kita agar kita mendapatkan kehidupan yang kekal. Mari tetap mengikuti penggembalaan dari Tuhan kita Yesus Kristus, Gembala yang baik. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21