1 PETRUS 5:3

Renungan Jumat, 08 Mei 2020

1 PETRUS 5 : 3

“Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

   “Gembalakanlah Kawanan Domba Allah,” merupakan judul dari perikop 1 Petrus 5. Siapa Gembala yang dimaksud disini? Pelayan Tuhan di gereja (Pendeta, Guru Huria, Sintua, GSM, dll) yang menggembalakan jemaat, Pemerintah (Pusat sampai Daerah) yang menggembalakan masyarakat, Orang tua yang  menggembalakan anak-anak yang dianugerahkan di dalam keluarga, abang/kakak yang menggembalakan adik-adiknya, kaum dewasa/tua yang menggembalakan kaum muda. Dan di atas segalanya Yesus Kristus sebagai Gembala yang Agung yang menggembalakan kita semua umatNya.

   Ini adalah panggilan tugas pelayanan yang diberikan Sang Gembala Agung kepada orang Kristen. Apakah wajib dilakukan? Ya, Wajib! Kewajiban dan pelayanan itu adalah karunia yang dipercayakan kepada kita. Semua bertugas sebagai seorang gembala di bawah kepemimpinan Gembala Agung.

   Sebagai manusia, apa yang patut kita lakukan sebagai dedikasi kita untuk melaksanakan panggilan sebagai gembala? Jawabannya adalah kerendah-hatian dan juga pengorbanan sebagai teladan dalam menggembalakan domba Allah. Kerendah-hatian menunjukkan bahwa kita tidak memiliki hak prerogatif terhadap domba Allah, sehingga tugas penggembalaan tersebut dilakukan sepenuhnya atas perintah Tuhan. Pengorbanan adalah teladan yang diberikan Yesus kepada kita untuk menunjukkan kasihNya terhadap domba-dombaNya, itu juga yang harus dimiliki oleh para gembala, ya tidak ada kasih tanpa sebuah pengorbanan.

   Melalui dua karakter itulah (rendah hati dan rela berkorban) sebagai acuan untuk dapat menjadi teladan bagi para domba-domba yang sudah dipercayakan oleh Yesus Kristus untuk kita gembalakan. Ingat, Yesus akan menuntut pertanggungjawaban atas tugas dan kewajiban yang sudah diserahkan kepada kita. Selama kita masih hidup di dunia ini, selama itulah tugas tersebut harus kita hidupi. Amin.

Selamat beraktivitas bagi kita semua!!

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21