MATIUS 18:14

Renungan Selasa, 05 Mei 2020

MATIUS 18 : 14

“Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

     Manusia di dalam Alkitab diibaratkan seperti domba. Mengapa domba? Karena Domba adalah sebuah gambaran kelemahan yang tidak mampu mencari makanan/minuman sendiri tanpa bantuan gembala dan tidak mampu untuk melindungi diri dari ancaman binatang buas tanpa perlindungan gembala. 

     Di dalam nats ini Yesus memberikan penjelasan akan kasih dari Bapa kepada manusia melalui pertanyaan reflektif kepada murid-murid, “Bagaimana jika seorang gembala yang memiliki 100 ekor domba, tetapi seekor domba tersesat?” Yesus menjelaskan bahwa pasti Gembala tersebut akan mencari domba yang hilang itu. Mengapa domba dapat tersesat? Karena insting domba yang selalu “mencari makan dan minum” sehingga dia meninggalkan rombongan dan tentu gembalanya.

     Inilah gambaran manusia yang hanya mengikuti “keinginan daging” sehingga dia mencari jalannya sendiri, meninggalkan rombongan dan menjauh dari gembala. Kemungkinan ini dapat terjadi jikalau manusia ataupun orang Kristen “perlahan” meninggalkan tuntunan dari sang Gembala yaitu Yesus Kristus hanya untuk memenuhi hasrat diri. Ketika itu terjadi, bahaya sudah pasti akan mengancam.

     Tetapi berita sukacita pada hari ini mengingatkan kita akan kasih Gembala yaitu Tuhan kita yang berjanji akan mencari kita ketika kita jatuh dalam keinginan daging. Tuhan mengajak kita untuk bertobat dan memperbaharui diri serta tetap mengikuti jalanNya. Ketika kita mau untuk tetap bersama dengan Dia di dalam FirmanNya, maka pengampunan, keselamatan, sukacita, kekuatan, penghiburan dan segala yang kita butuhkan akan diberikan Tuhan Yesus kepada kita. Amin.

Selamat pagi dan selamat beraktivitas untuk kita semua.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21