YESAYA 31:6



TERANG FIRMAN

Selasa, 03 November 2020

 

YESAYA 31 : 6

 

“Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh!”

 

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Seruan pertobatan sering kali diidentikkan dengan emosi dan amarah. Sesungguhnya ketika kita mendengar seruan pertobatan, atau seruan itu sampai kepada kita, itu bukanlah sebuah penghakiman, tetapi itulah yang menjadi wujud kasih karunia TUHAN kepada manusia. Pertobatan adalah sebuah bentuk reorientasi kehidupan dari diri sendiri, kepada TUHAN sepenuhnya.

Pertobatan adalah sebuah peringatan agar manusia tidak semata-mata memikirkan apa yang ada pada dunia ini, yang menjadi kepentingan secara kemanusiaan dan juga terpaut hanya pada kesejahteraan selama hidup di dunia. Tetapi, seruan pertobatan adalah sentuhan kasih yang disampaikan dan diingatkan oleh TUHAN kepada manusia bahwa masih ada kehidupan kekal yang harus dipersiapkan semenjak dari kehidupan di dunia ini.

Kenapa dosa masih menjadi “teman” dari hidup manusia? Tentu ini sebuah wujud manipulasi dari iblis agar manusia “melupakan” Kerajaan Sorga dan kehidupan kekal bersama dengan Sang Pencipta. Iblis berusaha menggoda manusia agar manusia berfikir bahwa kehidupan semata-mata hanya sebatas hembusan nafas di dunia ini. Hati-hati dengan cara iblis untuk menipu kita.

Memang tidak ada satu pun manusia yang mampu menyelamatkan dirinya daripada dosa dan hukuman dari dosa yang diperbuatnya. Bagaimanapun usaha manusia, tidak akan membuat dirinya kudus di hadapan TUHAN. Oleh sebab itu, TUHAN hadir pada kehidupan manusia dan memperkenalkan diriNya di dalam Yesus Kristus. Hanya Yesus Kristus yang mampu membawa manusia untuk lepas dari jerat dosa dan dilayakkan pada kehidupan kudus bersama TUHAN.

Kehidupan yang Kristosentris (Kristus yang menjadi pusat kehidupan) adalah bentuk tindakan yang diinginkan TUHAN untuk dilakukan oleh manusia. Jangan sampai manusia yang adalah diri kita pribadi diikat oleh kekuatan-kekuatan iblis. Tetapi semakin mendekatlah kepada TUHAN melalui diri Yesus Kristus sang Juruselamat. Dia adalah Firman yang berkuasa menyelamatkan manusia dan Dia adalah Tuhan yang dapat membawa manusia ke dalam Kerajaan Surga.

Oleh sebab itu, bertobatlah di dalam pembaharuan kerohanian. Biarlah hidup kita semata-mata hanya tertuju kepada Yesus Kristus. Dan tinggallah di dalam kebenaran yang daripada Tuhan Yesus. Amin.

 

Salam sehat !!

 

Syalom.

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21