YEREMIA 1:10



TERANG FIRMAN 

Kamis, 12 November 2020

 

YEREMIA 1 : 10

 

“Ketahuilah, pada hari ini Aku mengangkat engkau atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, untuk membinasakan dan meruntuhkan, untuk membangun dan menanam.”

 

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!


Pemilihan TUHAN kepada Yeremia adalah kuasa TUHAN yang diabadikan di dalam Kitab Perjanjian Lama. TUHAN memilih Yeremia bahkan sebelum ia dibentuk di dalam rahim ibunya (Yeremia 1:5). Dia dipilih, dikuduskan dan diutus dalam rangka memberitakan Firman TUHAN kepada umat Israel pada saat itu agar mereka kembali ke jalan TUHAN.

 

Pengutusan dan perjalanan kehidupan yang dijalani oleh Yeremia tidak “semulus” dengan apa yang difikirkan manusia pada umumnya. Dapat timbul di dalam fikiran, “Yeremia itu benar-benar dipilih, dikuduskan dan diutus oleh TUHAN. TUHAN menyertainya. Tidak akan mungkin dia menghadapi kesulitan selama hidupnya.” Kenyataan? Yeremia adalah salah satu nabi yang mengalami ujian yang sangat berat di dalam pemberitaan Firman.

 

Yeremia berhadapan dengan bangsaNya yang keras hati dan sering tidak memperdulikan Firman TUHAN yang disampaikan oleh Yeremia. Bahkan umat TUHAN pada saat itu sampai merencanakan untuk membunuh nabi Yeremia. Inilah yang harus dihadapi oleh Yeremia sebagai orang yang dipilih TUHAN. Meskipun seperti itu, Yeremia tetap setia di dalam panggilannya dalam pemberitaan Firman.

 

Ketika kita membaca ayat renungan pada hari ini, kita dibawa kepada sebuah semangat akan penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Ada sebuah pemilihan dan pengutusan yang disampaikan Firman TUHAN pada hari ini kepada para pembaca dan yang mengimaninya. Ketika seruan itu sampai kepada kita, kita diingatkan dengan pengutusan yang juga dilakukan oleh Tuhan kita Yesus Kristus kepada para murid dan orang-orang yang percaya.

 

Orang-orang yang mengikut Tuhan Yesus sesungguhnya adalah orang-orang yang telah mendapatkan tugas untuk diutus dalam memberitakan kabar sukacita dari Tuhan Yesus. Berita kabar keselamatan yang daripada Tuhan Yesus haruslah kita sampaikan kepada semua orang. Itu tugas yang diberikan kepada para umatNya.

 

Seperti yang dihadapi oleh Yeremia, seperti itulah yang akan dihadapi oleh orang-orang yang menghidupi panggilannya untuk memberitakan Firman. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi, seperti memperbaiki benang yang kusut: penuh kesabaran, ketekunan dan tanpa memutuskan benang itu.

 

Seperti penyertaan TUHAN kepada nabi Yeremia, seperti itu juga penyertaan Tuhan Yesus kepada orang-orang yang tetap hidup di dalam Firman Tuhan, menjadi saksi Kristus di dalam kehidupannya. Bagaimanapun tantangan, kesulitan dan bahkan ancaman, disitu Tuhan Yesus akan tetap bersama-sama dengan orang-orang yang dikuduskanNya dan yang hidup di dalam kesetiaan.

 

Oleh sebab itu, di dalam hati yang telah menerima panggilan dari Tuhan Yesus menjadi para pengikutNya: tetaplah setia hidup di dalam FirmanNya, menjadi saksi melalui kehidupanmu dan memohon pertolongan dari Roh Kudus. Sesungguhnya, Tuhan Yesus akan tetap memelihara kehidupan orang-orang yang dipilihNya untuk mengalahkan kuasa iblis dan menjunjung panji kemenangan dari Tuhan Yesus Kristus di dunia ini. Amin.

 

Salam sehat !!

 

Syalom.

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21