KEJADIAN 12:2



Renungan Senin, 31 Agustus 2020

KEJADIAN 12 : 2

“Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Janji adalah sebuah hal yang tidak pernah luput dari kehidupan manusia. Seseorang bisa “menjanjikan” sesuatu dan seseorang bisa “dijanjikan” sesuatu. Dari pengalaman-pengalaman yang mungkin pernah kita alami, tidak setiap orang mampu memenuhi apa yang pernah dijanjikannya. Dan ketika itu terjadi, maka seseorang yang “dijanjikan sesuatu” tersebut pasti akan merasakan kekecewaan. Itulah yang menunjukkan bahwa manusia penuh dengan kelemahan dan tidak sedikit orang mengingkari janji-janjinya.

Sebagai contoh yang paling sering ditemui ketika dua insan berjanji di hadapan Tuhan melalui gerejaNya untuk setia terhadap isteri atau suaminya, tidak sedikit yang mengingkarinya dan itu terlihat ketika terjadi perceraian di dalam sebuah keluarga. Sangat sulit seseorang mempertahankan janjinya ketika kesetiaan sudah hilang di dalam dirinya.

Hal ini berbanding terbalik ketika TUHAN yang berjanji kepada manusia. Seperti firman TUHAN pada hari ini yang mengungkapkan janji TUHAN atas hambaNya Abram. TUHAN membuat perjanjian kepada Abram akan menjadikan dia sebagai bangsa yang besar dan memberkatinya serta membuat namanya masyhur dan akan menjadi berkat. Hal yang dijanjikan TUHAN itu akan diwujudnyatakan ketika Abram patuh dengan perintah TUHAN yaitu patuh secara total dan hidup setia di dalam perintah TUHAN.

Hal ini mengingatkan kita kepada janji Tuhan Yesus yang akan mencurahkan Roh Kudus kepada setiap orang yang percaya dan setia padaNya. Tentu janji Tuhan bukanlah seperti janji manusia. Tuhan tidak pernah mengecewakan dan Tuhan tidak pernah mengingkari janjinya. Hanya saja sekarang bagaimana kita sebagai orang-orang yang percaya hidup di dalam janji Tuhan dengan patuh dan setia akan firmanNya.

Inilah yang menjadi kekuatan untuk kita hari ini melalui Firman Tuhan yang kita baca. Tuhan Yesus akan memberkati, melindungi dan memberi apa yang perlu di dalam hidup kita. Itu akan diwujudnyatakan jika kita tidak mengingkari “perjanjian” kita kepada Tuhan Yesus sebagai orang-orang yang mengikut Dia. Imanilah Tuhan Yesus di dalam menjalani hari-hari kita dan tetaplah setia kepadaNya meskipun banyak sekali godaan yang ditawarkan oleh dunia ini kepada kita. Maka kita akan hidup di dalam damai sejahtera dan sukacita karena penyertaan Tuhan Yesus dalam hidup kita. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21