1 YOHANES 5:12

Renungan Jumat, 24 April 2020

1 YOHANES 5 : 12

“Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.”

Saudara-saudari yang terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus..!!

Setelah kejatuhan manusia ke dalam dosa, manusia tidak dilayakkan untuk mendapatkan kehidupan bersama dengan Allah (pengusiran dari Taman Eden). Manusia harus mengusahakan tanah yang ada agar dapat melanjutkan segalanya. Dan setelah itu kematian adalah hal yang menjadi “ketakutan terbesar” dari manusia, karena “kehidupan” dari Allah telah disia-siakan. Pengertiannya adalah manusia harus “mati” untuk mempertanggungjawabkan dosanya di hadapan Allah.

Tetapi Allah penuh kasih. Dia menggantikan kematian itu melalui AnakNya yang Tunggal, Yesus Kristus, Tuhan kita. Itulah sebabnya manusia masih diberikan kesempatan untuk dapat kembali hidup bersama dengan Allah. Yesus adalah Allah itu sendiri, yang hadir diumpamakan dengan Air, Darah dan Roh (ketiga simbol kehidupan yang sebenarnya). Allah menjanjikan kembali kehidupan bersamaNya ketika kita bersatu dengan Air, Darah dan Roh melalui Yesus Kristus yang adalah Kehidupan dan Si Pemberi Kehidupan.

Sebagai manusia yang telah memperoleh anugerah kekekalan melalui Yesus Kristus, kita diharapkan “bersatu” dengan: a) Air, yang menjadi simbol Baptisan, mendapatkan kehidupan yang baru bersama dengan Yesus, b) Darah, yang menjadi simbol penebusan atas dosa kita melalui darah Yesus Kristus di kayu salib, sehingga kita tidak diperhamba oleh dosa, dan c) Roh, yang adalah sumber dari penghiburan, pengetahuan dan kekuatan kita untuk menjadi saksi-saksi Kristus di tengah-tengah dunia ini.

Ketika kita sudah menyatu bersama dengan Anak (Yesus Kristus) maka Allah akan memberi kesaksian kepada kita bahwa kita layak untuk mendapatkan kehidupan bersama dengan Allah dalam kekekalan. Biarlah di tengah pergumulan dunia pada saat ini, kita tetap dapat menunjukkan kesatuan kita di dalam Yesus Kristus melalui iman dan perbuatan kita setiap hari, sampai pada akhirnya Mahkota Kehidupan dianugerahkan kepada orang yang percaya dan setia melakukan firmanNya. Amin.

Salam sehat !!

Syalom.

Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Ferdinand Fernando Silaen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAZMUR 85:9-14

KEHIDUPAN DI DALAM JANJI TUHAN (KEJADIAN 9:8-17)

YOHANES 3:14-21 / JOHANNES 3:14-21